Antisipasi Cuaca Buruk di Laut, KSOP Keluarkan Surat Edaran

oleh -
Kasi Keselamatan Berlayar KSOP Dumai, Yuzirwan Nasution

Infowarta.com, DUMAI – Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Dumai mengeluarkan surat edaran peringatan dini bagi perusahaan pelayaran dan perusahaan keagenan.

KSOP melalui surat edaran memperingatkan agar perusahaan kapal, perusahaan keagenan kapal, nahkoda kapal, operator kapal serta pengguna jasa lebih memperhatikan keselamatan dalam melaksanakan aktivitas pelayaran.

Sejak beberapa waktu terakhir, kondisi cuaca kurang baik, angin dan gelombang didominasi tergolong tinggi.

“Surat edaran ini sehubungan mengantisipasi terhadap gelombang pasang yang dapat terjadi disetiap waktu diperairan Indonesia dan cuaca dapat berubah kapanpun serta angin bertiup cukup kencang belakangan ini,” ujar Kepala KSOP Dumai melalui Kasi Keselamatan Berlayar KSOP Dumai, Yuzirwan Nasution, Senin (23/01/2020).

Yuzirwan, menjelaskan lagi, sesuai surat edaran edaran, para perusahaan pelayaran mengutamakan unsur keselamatan pelayaran, serta senantiasa memantau perubahan cuaca.

“Selain itu, para pengguna jasa pelayaran ditekankan untuk tidak memaksakan atau menunda berlayar dalam kondisi cuaca buruk seperti gelombang tinggi dan jarak pandang terbatas. Bagi kapal yang sedang berlayar agar mencari perlindungan ketempat yang aman, serta menggunakan sarana navigasi yang ada,” jelasnya.

Bagi operator dan nahkoda kapal penumpang kecepatan tinggi dalam mengoperasikan kapalnya harus benar-benar diawaki dengan cukup, jumlah penumpang harus sesuai yang diizinkan tidak melebihi kapasitas. Nahkoda kapal juga harus mengirimkan posisi dan kondisi cuaca kepada stasiun radio pantai secara terus menerus.

“Kita harapkan, perusahaan kapal dan lainnya agar menjalankan surat edaran peringatan dini, guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang buruk terjadi diperairan,” harapnya. (inf)