Cuaca Buruk, KSOP Himbau Kewaspadaan Pelayaran

by -18 views

Infowarta.com, DUMAI – Terkait cuaca buruk yang belakangan terjadi, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Dumai menghimbau kepada perusahaan pelayaran dan perusahaan keagenan.

Kepala KSOP Dumai Sanggam Marihot melalui Kasi Keselamatan Berlayar KSOP Dumai, Yuzirwan Nasution‎ mengungkapkan, melihat belakangan cuaca yang kurang baik, pihaknya menghibau kapada ‎ perusahaan pelayaran dan perusahaan keagenan.

Ia menambahakan‎, himbau kepada semua operator kapal dan keagenan kapal sehubungan dengan situasi cuaca yang kurang baik saat ini dan dengan adanya angin yang cukup kuat diharapkan agar operator kapal dan keagenan kapal memberitahukan kepada nakhoda kapal.

Dirinya menjelaskan, ada beberapa himabauan yang pihaknya sampaikan, seperti untuk berhati-hati saat mengoperasikan kapal kapalnya baik itu yang sedang berolah gerak dari labuh menuju sandar atau sebaliknya

“Tetap menggunakan semua sarana bantu navigasi yang ada diatas kapal. Selalu Berkomunikasi dengan kapal-kapal di sekitar (posisi labuh jangkar)‎,” katanya, Selasa (8/10/2019).

‎Yuzirwan juga mengimbau, untuk kapal kapal yang sedang berlabuh agar selalu memperhatikan posisi kapalnya, hal itu agar mencegah terjadinya kapal larat .

Untuk kapal yang akan keluar dari Dumai dimana surat persetujuan berlayar telah diterbitkan ( SPB ), tambahnya, agar menunda keberangkatan kapal nya dalam situasi cuaca buruk sampai cuaca kembali normal .

“Kita berharap agar operator kapal, agent dan nakhoda kapal untuk selalu memperhatikan dan memberikan informasi terkait BMKG , ” sebutnya.

Yuzirwan juga meminta kepada operator dan keagenan kapal dalam mengoperasikan kapal agar lebih menekan dan mengutamakan unsur keselamatan pelayaran, serta senantiasa memantau perubahan cuaca.

“Selain itu, para pengguna jasa pelayaran ditekankan untuk tidak memaksakan atau menunda berlayar dalam kondisi cuaca buruk seperti gelombang tinggi Bagi kapal yang sedang berlayar agar mencari perlindungan ketempat yang aman, serta menggunakan sarana navigasi yang ada,” pungkasnya. (Tbn)