FAPTEKAL dan Warga Tempatan Gelar Aksi Unjuk Rasa di Depan PT. Agro Murni

oleh -

INFOWARTA.COM, DUMAI –┬áPermasalahan tenaga kerja lokal di Kota Dumai kembali memanas. Forum Aksi Peduli Tenaga Kerja Lokal (FAPTEKAL), sebuah organisasi masyarakat yang konsisten memperjuangkan hak-hak tenaga kerja lokal, bersama warga tempatan menggelar aksi unjuk rasa di depan PT. Agro Murni.

Aksi yang dilakukan oleh seratusan orang ini berlangsung di Jalan Ketam Putih, Kelurahan Tanjung Penyembal, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai. Senin (3/6/2024).

Aksi ini digelar karena PT. Agro Murni dianggap tidak melaksanakan atau mengingkari perjanjian yang telah disepakati dalam mediasi beberapa waktu lalu. Ketua FAPTEKAL Dumai, Ismunandar, menjelaskan bahwa aksi ini terjadi karena salah satu anggota HRD PT. Agro Murni tidak menghargai pekerja tempatan.

“Kami meminta PT. Agro Murni untuk berkomitmen dalam merekrut tenaga kerja tempatan, khususnya dari Kelurahan Tanjung Penyembal. Selain itu, kami juga mendesak PT. Agro Murni untuk membayar kompensasi dan upah lembur kepada pekerja security,” ujar Ismunandar.

Ismunandar menegaskan bahwa dirinya bersama masyarakat tempatan akan terus melakukan aksi demonstrasi dan akan mengerahkan massa yang lebih banyak lagi hingga tuntutan mereka dipenuhi oleh PT. Agro Murni.

Akibat aksi demo ini, aktivitas bongkar muat di PT. Agro Murni sempat terhenti karena mobil tangki pengangkut CPO tidak dapat masuk ke dalam perusahaan dan tertahan di depan pintu masuk.

Aksi unjuk rasa ini menunjukkan betapa seriusnya masyarakat Dumai dalam memperjuangkan hak-hak mereka dan meminta agar perusahaan menghormati komitmen yang telah disepakati bersama. Hingga berita ini diturunkan, belum ada tanggapan resmi dari pihak PT. Agro Murni terkait tuntutan yang disampaikan oleh FAPTEKAL dan warga tempatan. (RFC)