Hanafi Prioritaskan Ekonomi Nelayan Dumai

by -294 views

Infowarta.com, DUMAI – Bakal Calon Walikota Dumai, Hanafi Atan mengelar silaturami bersama masyarakat nelayan yang terdiri dari Tujuh Kecamatan Dumai, seluruh nelayan tergabung dari kelompok nelayan Kota Dumai, Ahad (4/8/2019) siang.

Aspirasi masyarakat Nelayan menurut Hanafi, penting untuk di tampung secara global. Apa lagi sosok Hanafi Atan yang merupakan ‘budak pesisir asli Pelintung’ tak lepas dari kultur di kawasan kampong pesisir Riau.

Putra dari Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAM-R Dumai, Datok Sri Atan Ujang itu menilai, Nelayan adalah profesi yang mulia.

“Kami paham kondisi nelayan, menyangkut permasalahan nelayan dihadapi dengan kondisi ekonomi yang kian sulit. Ditambah lagi dengan perkembangan industri berpengaruh dengan penurunan daya tangkap potensi perikanan,” Papar mantan kasi Dinas Perikanan Kabupaten Bengkalis itu.

Hanafi berpendapat, nelayan butuh dukungan pengembangan produksi dibidang budidaya, lain bagi nelayan tangkap, baginya, harus diimbangi dengan daya produksi lebih rendah didukung dari sektor harga jual yang memadai.

Hanafi mengatakan pertumbuhan industri dikawasan pesisir Dumai tak lepas dari pengaruh bidang sektor pontesi perikanan. Namun hal itu perlu disiasati dengan keseimbangan untuk bertujuan tidak merugikan kedua belah pihak saling bergantungan.

“Dengan keterhubugan Industri dan masyarakat nelayan, perlu bersama untuk menjaga situasi lingkungan tetap dilestarikan agar tidak menimbulkan pengaruh negatif bagi potensi perikanan di laut,” Katanya.

Kedepan Hanafi berharap, secara bersama dapat memperbaiki dampak dari pabrik dipesisir yang peduli dan membantu perkembangan sektor perikan untuk memperoleh mensejahterakan nelayan Dumai. “Saya bertekat kita prioritaskan bahwa nelayan tangkap bisa mendapatkan rumah untuk masyarakat nelayan di Kota Dumai,” Tutupnya.

Pengurus Kelompok Nelayan Kota Dumai, Syamsuri memaparkan, di kota dumai, ada 840 kepala keluarga (KK) yang membidangi pekerjaan nelayan tergantung di tujuh kecamatan kota dumai.

Syamsuri berharap, sosok Hanafi memiliki latar belakang bidang ilmu perikanan itu dapat memprioritaskan kondisi kehidupan nelayan yang layak.

Perwakilan Nelayan Sekecamatan kota Dumai, Sirait, turut menyabut baik kedatangan Hanafi ditengah masyarakat. “Kami mengharapkan pemimpin dumai berpihak kepada masyarakat nelayan Dumai. Kami mengerti Hanafi paham dengan masyarakat kota dumai ini, dan kami berharap kepada pak Hanafi maju sebagai pimpinan dumai lebih baik,” Akhirnya.(info)

Penulis : Angga

Editor : Redaksi