Hari Pertama, Ada 101 Pelanggaran Lalu Lintas Terjadi

oleh -

Infowarta.com, DUMAI – Kesadaran Lalu Lintas di Kota Dumai masih kurang. Ini terbukti pada hari pertama operasi Zebra Muara Takus, Rabu (23/10/2019) ada 101 pelanggaran yang terjadi.

“Tidak semua pelanggaran di tilang, ada 76 pelanggar dapat sanksi tilang, 25 pelanggar hanya di kasi teguran,” ujar Kasatlantas Polres Dumai, AKP Chandra Agustinus Peitama, Rabu (23/10/2019) kemarin.

Ia mengatakan dari jumlah pelanggaran tersebut ada 34 pengendara tidak menggunakan helm, 21 pengendara melawan arus, dua pengendara menggunakan hape, berkendara di bawah umur, 11 pengendara tidak melengkapi surat menyurat kendaraan, dan terakhir lima pengendara tidak menggunakan safety belt. “Masih cukup tinggi,” tuturnya.

Waka Polres Dumai, Kompol Alex Sandy Siregar menghimbau kepada anggota yang akan menjalankan Ops Zebra Muara Takus 2019, untuk berdoa sebelum menjalankan tugas.

“Doa merupakan hal yang utama dalam menjalankan tugas sehingga bisa selamat,” ujarnya.

Ia mengatakan dalam operasi ini ada 7 sasaran prioritas pelanggaran, yang akan di sasar pada oprasi kali ini. “Dalam operasi Zebra Muara Takus 2019 tujuh sasaran utama tersebut, yakni, pengemudi menggunakan telepon genggam saat berkendara, pengendara melawan arus, berboncengan melebih dari satu orang,” tuturnya.

Selain itu lanjutnya, pengendara tidak menggunakan helm SNI, mabuk atau mengkonsumsi obat-obatan terlarang, melebihi kecepatan maksimum dan pengendara dibawah umur juga menjadi prioritas dalam operasi kali ini.

“Kami menghimbau seluruh masyarakat untuk melengkapi surat-surat kendaraanya. Tertib dan utama keselamatan dalam berlalu lintas,” imbuhnya.
‎Ia menyebutkan Ops Zebra Muara Takus 2019, bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan dan kesadaran hukum masyarakat guna mewujudkan keamanan keselamatan dan tertib berlalu lintas.

“Jadi pada Rabu Operasi Zebra Muara Takus 2019 dimulai. Kegiatan ini akan berlangsung hingga 5 November 2019 mendatang, diharapkan masyarakat melengkapi surat surat kendaraannya,” sebutnya.

Kompol Alex ‎juga berharap Ops Zebra Muara Takus 2019, bisa Zero lakalantas, dan kesadaran akan berlalu lintas yang baik dan benar bisa meningkat.

“Kami tetap mengedepankan langkah pencegahan, namun bila ada pelanggaran yang membahayakan pengendara lain, maka kita akan tidak tegas dengan melakukan penilangan,” tuturnya.

Walikota Dumai, Zulkifli As juga menghimbau kepada masyarakat Dumai untuk mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku. “Kamk berharap melalui Ops Zebra Muara Takus 2019 ini bisa menekan angka laka lantas di dumai dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalulintas,” tutupnya.(hsb)

A. Jenis Gar Lantas (R2)
-Helm : 34
– Melawan arus : 21
– Gun Hp saat berkendara : 2
– Berkendara dibawah pengaruh alkohol :
– Melebihi batas kecepatan: –
– Berkendara dibawah umur : 3
– Surat surat : 11
– Lain-lain : –
B. Jenis Gar Lantas (R4)
– Melawan arus : –
– Gun Hp saat berkendara :
– Berkendara dibawah pengaruh alkohol : –
– Melebihi batas kecepatan : –
– Berkendara dibawah umur : –
– Gun Safety belt : 5
-lain-lain : –