Kabut Asap Ganggu Penerbangan, Kualitas Udara Tidak Sehat

oleh -
Kondisi cuaca berkabut di Kota Dumai Rabu (28/8/2019)

Infowarta.com, DUMAI – Kualitas udara kiat memburuk akibat dampak kabut asap tebal kembali menyelimuti Kota Dumai, pada Rabu (28/8/2019) pagi. Peningkatan kabut kian memburuk sepekan lalu.

Meskipun hujan cukup deras mengguyur Kota Dumai pagi ini, namun Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) pada pukul 07.00 WIB hari ini menunjukkan Kota Dumai berada di angka 101 atau kualitas “Tidak Sehat”.

Kepala BPBD Kota Dumai, Afri Lagan menyampaikan meskipun Dumai diguyur hujan hal ini tidak cukup membuat kabut asap hilang. Karena asap diduga berasal dari Kabupaten Bengkalis yang memiliki 7 firespot di Kecamatan Mandau, dengan kecepatan angin yang bertiup dari Tenggara ke Barat Daya berkisar 10 – 30 km/jam.

“Hal inilah yang berpotensi membuat Kota Dumai dikepung kabut asap dan berimbas pada kualitas udara yang tidak sehat,” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa empat hari belakangan ini, Tim penanggulangan Karlahut Kota Dumai ini tengah melakukan proses pemadaman dan pendinginan di satu titik api yang berda di berbatasan teluk makmur gurun panjang.

Kabut asap tebal yang mempengaruhi jarak pandang ini juga turut mengganggu penerbangan di Bandara Pinang Kampai. Pihak Bandara mencatat ada dua penerbangan dari maskapai Lion Air terpaksa mencancel jadwal keberangkatan pada hari ini.

“Pagi ini ada dua jadwal penerbangan cancel dari maskapai Wings Air,” kata Kepala Bandara Pinang Kampai, Irvan.

Ia mengatakan penerbangan di cancel karena jarak pandang atau visibility sangat terbatas berkisar hanya 800 meter hingga 1 KM meter. “Dua keberangkatan tersebut yakni Penerbangan rute Dumai-Medan berangkat pukul 10.15 dan keberangkatan Medan-Dumai pada pukul 11.50 WIB,” paparnya. (Ifw/Vie)