Kapolres Seruyan Cek Sarpras Siaga Karhutla, Patroli dan Latihan Simulasi Pemadaman Karhutla

oleh -

Infowarta.com, Seruyan – Dalam rangka kesiapan terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Seruyan, Kapolres Seruyan AKBP Bayu Wicaksono SH, SIK, MSi, melaksanakan pengecekan sarana prasarana siaga kebakaran hutan dan lahan kemudian melaksanakan patroli ke daerah rawan kebakaran hutan dan lahan dilanjutkan simulasi pemadaman terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala BPBD kabupaten Seruyan, Kasat Pol PP dan Damkar Kabupaten Seruyan, PJU Polres Seruyan, Perwakilan TNI, Anggota BPBD, Satpol PP dan Damkar Kabupaten Seruyan, Kamis (12/08/2021).

Dalam kegiatan tersebut Kapolres Seruyan memberikan arahan kepada personil agar menjaga dan merawat sarana dan prasarana yang ada kemudian personil agar belajar dan terus berlatih sehingga sewaktu-waktu diperlukan tidak bingung untuk menggunakan sarana dan prasarana yang ada.

“Kita melaksanakan kegiatan ini sebagai bentuk kesiapan kita dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Seruyan. Beberapa hari terakhir cuaca di daerah kita sangat terik tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan potensi kebakaran hutan dan lahan sehingga perlu pengawasan dari kita semua,” Kata Kapolres Seruyan.

Ia menekankan kepada personil agar melaksanakan pengamanan di pos-pos yang sudah ada kemudian laksanakan patroli di tempat yang menjadi potensi terjadinya karhutla sehingga sewaktu-waktu terjadi kebakaran bisa langsung ditangani secara cepat.

“Selain melaksanakan pengecekan sarana prasarana kami juga melaksanakan patroli di daerah rawan kebakaran hutan dan lahan kemudian melaksanakan simulasi pemadaman kebakaran lahan dan hutan,” ujar Kapolres.

Ia menambahkan, penanganan kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Seruyan adalah tanggung jawab kita bersama tidak hanya polisi saja namun seluruh dinas terkait, apabila dilaksanakan sendiri-sendiri itu akan menjadi sia-sia karena kita semua saling membutuhkan.

“Tetap semangat, jaga kesehatan dan kekompakan sehingga penanganan kebakaran hutan dan lahan di wilayah kita berjalan dengan aman dan sejalan,” harapnya. (Red)¬†