Mahasiswa Dumai Gelar Aksi Lawan Kabut Asap

by -184 views

Infowarta.com, DUMAI – Sejumlah mahasiswa/i dari berbagai sekolah tinggi Kota Dumai yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Masyarakat Melawan Asap (Gemmas).

Pagi ini, Selasa (16/9/2019) berkumpul di persimpangan Tugu Pon Kota Dumai Untuk menyuarakan aksinya terhadap bencana asap yang melanda sejumlah daerah di Sumatera tidak terkecuali Kota Dumai.

Aksi menuntut sejumlah poin penting, pertama menuntut janji Presiden RI Jokowi terkait permasalahan kebakaran lahan dan hutan akan mencopot jabatan pihak

keamanan seperti Kapolda, Kapolres, Kodam, Dandim, jika persoalan kebakaran lahan dan hutan didaerah tersebut tidak dapat diselesaikan.

Kedua, pengajuan Perubahan UUD terkait pembakaran Hutan dan Lahan. Ketiga, meminta keseriusan Pemerintah dalam menyikapi kebakaran hutan dan lahan yang tidak kunjung selesai. Keempat, meminta pemerintah tepat sasaran dalam mekanisme penanganan kasus kebakaran Hutan dan Lahan.

Kelima, meminta Pemerintah mencabut izin perusahaan yang terbukti terlibat melakukan pembakaran Hutan dan Lahan.

Koordinator Lapangan aksi Gemas, M. Faisal Firdaus menyampaikan bahwa kelima tuntutan tersebut diharapkan dapat segera ditanggapi oleh pemerintah.

“Sebab kami meyakini bahwa bencana asap yang terjadi setiap tahun di Provinsi Riau, adalah ulah manusia,” ujarnya.

Hal ini tentu saja butuh keseriusan dari pemerintah dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan khusus nya di Provinsi Riau. (Vie)