Malam Hiburan Rakyat Bakar Tokang Meriah

oleh -

Infowarta.com, BAGANSIAPIAP – Ribuan masyarakat Rohil tumpah ruah saat menyaksikan acara malam hiburan dari rangkaian kegiatan Iven Bakar Tongkang tahun 2019 yang digelar di IP Plaza Bagansiapiapi Selasa, (18/6/2019) malam berlangsung sangat meriah dengan penataan memukau pengunjung.

Acara ini di hadiri Bupati Rohil H Suyatno AMp,Ketua DPRD Rohil H Nasruddin Hasan,Sekda H Surya Arfan,Menteri Parawisata RI di wakili Deputi Kemenpar RI,Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau Asri Auzar,Mantan Kapolda Riau Suhedi Husein dan Condro kirono serta Para Pejabat Forkopimda Kabupaten Rohil,dan masyarakat Tionghua Rohil.

Pantauan di lapangan terlihat ribuan warga Tionghua dari seluruh pelosok Rohil hadir menyaksikan acara ini dengan tampilan musik yang menarik di IP Plaza,bahkan Bupati Rokan hilir H. Suyatno Amp ikut melantunkan dua buah lagu usai memberikan kata sambutan,dengan lantunan lagu berbahasa Mandarin di susul sebuah tembang lagu group Republik berjudul Sandiwara Cinta yang sangat memukau undangan.

Acara semakin semarak saat Gubernur Riau (Gubri) H.Syamsuar juga ikut menyumbangkan lagu berduet dengan Bupati Rohil H. Suyatno membawakan lagu dangdut dari albumnya Rhoma Irama berjudul Rindu.

Dalam sambutannya Gubernur Riau H Syamsuar mengajak seluruh masyarakat ikut mengsukseskan acara ini,sebagai iven wisata nasional yang setiap tahun dilakukan di ibu Kota Bagansiapiapi ini.

Gubri juga mengajak putra asli Rohil yang sukses di perantauan untuk ikut membangun Riau,seperti yang dilakukan Raja baut atau Sugianto,salah satunya tetap eksis membuat acara even wisata bakar tongkang ini lebih menarik setiap tahunnya,apalagi even wisata ritual bakar tongkang ini sangat menunjang perekonomian masyarakat dengan tidak mengunakan dana APBD,karena suatu daerah akan maju jika tidak mengandalkan APBD maupun APBN.

‚ÄĚKami berharap kepada pak Sugianto (Raja Baut -red) dan kawan kawan, baik yang di Bagansiapiapi maupun diluar Bagansiapiapi mari bersama-sama membangun Riau ini,
membangun daerah ini tidak cukup jika hanya mengandalkan ABPD saja dan harus ada trobosan seperti even wisata bakar tongkang ini.”Ucap Syamsuar.

Sementara itu, Bupati Suyatno juga menyampaikan apresiasinya kepada pigur Sugianto yang lebih di kenal raja baut dalam mendukung pembangunan di Rohil,menurutnya Sugianto selalu menunjukkan eksistensi nya dalam membangun kabupaten Seribu Kubah ini di tandai dengan kehadirannya di acara ini setiap tahun.

“Pak Sugianto ini setiap tahun kegiatan Bakar Tongkang tidak pernah absen dalam memberikan kontribusinya pada Iven ritual bakar tongkang ini.”Ucapnya.

Suyatno juga mengingatkan kepergian sosok Oliong yang sangat di kenal masyarakat Rohil harus terus dilakukan,Meski teman dekat pak raja baut yaitu pak Oliong sudah tiada, kami berharap kepada bapak agar tetap memperhatikan kota Bagansiapiapi ini.”Ucap Bupati Suyatno.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan cenderamata dari panitia.
Cenderamata berupa miniatur Tongkang itu diserahkan langsung oleh Sugianto kepada Gubri Syamsuar, Bupati Suyatno dan petinggi yang hadi di acara ini.(info)