Marsekal Madya TNI Kusworo SE, MM, Kepala BASARNAS lakukan Tatap Muka di Kota Dumai

oleh -

INFOWARTA.COM, Dumai,— Marsekal Madya TNI Kusworo SE, MM, Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS), melakukan kunjungan kerja di Kota Dumai. Kegiatan tatap muka yang berlangsung di Unit Siaga SAR Dumai di Jalan Datuk Laksamana ini menjadi ajang penting bagi koordinasi dan penguatan sinergi antara BASARNAS dan berbagai organisasi serta instansi terkait, termasuk potensi SAR dan relawan.

Kedatangan Kepala BASARNAS beserta rombongan disambut oleh Taufik Akbar Selaku Koordinator Unit Siaga SAR Dumai. Dalam pertemuan tersebut, Marsekal Madya TNI Kusworo didampingi oleh Kepala BASARNAS Pekanbaru, Budi Cahyadi S.Sos MM, beserta jajaran. Turut hadir dalam acara ini Direktur Kesiapsiagaan BASARNAS, Noer Isrodin Muchlisin, S.Pd, MM. Selain itu, potensi SAR dan relawan yang berada di Kota Dumai juga ikut serta dalam kegiatan ini.

Marsekal Madya TNI Kusworo dalam kesempatan tersebut menegaskan komitmen BASARNAS untuk terus meningkatkan kapabilitas dan responsivitas dalam menghadapi berbagai situasi darurat, baik di darat maupun di perairan. Beliau juga menekankan pentingnya dukungan dari berbagai pihak untuk memperkuat jaringan koordinasi dan komunikasi dalam upaya pencarian dan pertolongan.

“Kota Dumai merupakan salah satu wilayah strategis yang memiliki potensi risiko tinggi, terutama terkait dengan aktivitas maritim dan industri. Oleh karena itu, sinergi antara BASARNAS dan berbagai organisasi serta instansi terkait sangat krusial untuk memastikan kesiapsiagaan dalam menghadapi berbagai situasi darurat,” ujar Marsekal Madya TNI Kusworo.

Dalam kunjungannya, Kepala BASARNAS melakukan tatap muka dengan unit siaga SAR Dumai. Selain pengecekan personel BASARNAS, beliau juga memberikan arahan kepada pegawai Kantor Pencarian dan Pertolongan Pekanbaru dan Kota Dumai untuk memastikan bahwa semua peralatan dan personel dalam kondisi siap siaga untuk menghadapi potensi bencana yang mungkin terjadi.

“Kesiapsiagaan dan kecepatan respons adalah kunci utama dalam upaya pencarian dan pertolongan. Kita harus selalu siap dalam segala kondisi,” tambahnya.

Kunjungan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang baik untuk mempererat kerjasama antara BASARNAS dan semua pihak terkait di Kota Dumai, demi keselamatan dan kesejahteraan masyarakat.

Kehadiran Kepala BASARNAS di Dumai menandai komitmen kuat dari pemerintah pusat dalam memperhatikan dan mendukung daerah-daerah dengan potensi risiko tinggi. Diharapkan melalui kunjungan ini, upaya pencarian dan pertolongan di Dumai akan semakin terkoordinasi dengan baik dan mampu memberikan respon cepat dan tepat dalam setiap kejadian darurat. (RFC)