MITIGASI BENCANA KEBAKARAN, RUTAN DUMAI GANDENG DAMKAR DUMAI GELAR SIMULASI

oleh -

INFOWARTA.COM, Dumai – Rutan Kelas IIB Dumai laksanakan mitigasi bencana kebakaran bersama Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Dumai, pada Selasa (2/7). Tujuan dari simulasi ini yaitu memberikan edukasi kepada seluruh petugas Rutan Dumai dalam mencegah dan mengatasi jika terjadi kebakaran di Rutan.

Kegiatan yang dilaksanakan di halaman depan Rutan Dumai ini diikuti oleh Kepala Rutan Dumai, Bastian Manalu, Pejabat Struktural dan petugas Rutan Dumai.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib) yang disebabkan oleh bencana non alam, seperti kebakaran. Diharapkan kedepannya kegiatan seperti ini dapat digelar secara rutin. Tidak hanya sebatas penanggulangan bencana kebakaran, tetapi juga bencana alam lainnya,” ujar Bastian.

Materi yang diberikan oleh petugas Damkar Kota Dumai yaitu pengenalan jenis-jenis alat pemadam kebakaran serta simulasi penanganan dan penggunaan peralatan pendukung lainnya.

Dalam simulasi ini terlihat para petugas rutan dengan serius melaksanakan simulasi ini. Beberapa dari petugas melakukan pemadaman secara tradisional dan modern.

Dalam pemadaman tradisional para petugas rutan menggunakan karung basah untuk menutupi area kebakaran. Sedangkan pemadam secara modern para petugas Rutan menggunakan alat APAR.

Dengan berbekal teknik penanganan yang sudah dipelajari para petugas Rutan Dumai diharapkan bisa mengatasi kebakaran yang terjadi baik yang disengaja maupun tidak. ***