Wako Dumai: Segera Laporkan Jika Ada Karhutla

oleh -
Walikota Dumai Zulkifli As, Msi

Infowarta.com, DUMAI – Himbauan tegas disampaikan oleh Walikota Dumai, H. Zulkifli As, terkait Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), kepada para Lurah dan Camat Se kota Dumai.

Zulkufli mengungkapkan, Karhutla merupakan kewajiban bersama dalam mencegah dan menanggulangi atau memadamkannya jika terjadi Karhutla ‎di lingkungan sekitar masyarakat.

Dirinya mengaku, telah menggelar rapat Karhutla di Kota Dumai bersama instansi te‎rkait, serta lurah dan Camat, di rapat tersebut ternyata masih banyak informasi-informasi terkait titik api yang terkesan terlambat dilaporkan.

“Jadi saya minta kepada lurah dan camat, jika ada titik api di wilayahnya segera laporkan kep pihak BPBD, TNI, Polri dan instansi terkait lainya,” katanya, Kamis (19/9/2019), malam‎, di The Zuri hotel Dumai.

Lebih lanjut dijelaskanya, setelah melaporkan jika ada titik api, segera padamkan tanpa harus menunggu BPBD, TNI, Polri, dan lainnya, karena kalau sudah besar maka akan sulit untuk memadamkanya.

Zulkifli menerangkan, ‎dengan adanya kerjasama semua elemen, termasuk masyarakat. Ia yakin karlahut bisa dicegah dan bisa ditanggulangi dengan cepat jika ada.

Dirinya berharap, peran dari lurah, camat dan masyarakat untuk bersama-sama dalam menanggulangi Karlahut, sehingga Dumai bisa zero titik api.

“Kalau di Dumai tidak ada titik api tentunya kita tidak menjadi penyumbang asap, dan paling tidak kita bisa mengurangi kabut asap. Memang kabut asap yang ada di Dumai ini merupakan kabut asap kiriman dari daerah lain,” ucapnya.

Zulkifli mengucapkan terima kasih kepada semua pihak baik itu BPBD, TNI, Polri, lurah, camat, masyarakat dan pihak lainya, yang sudah bersusah payah untuk mencegah dan menanggulangi karhutla yang ada di Dumai.

“Alhamdulillah kita kota Dumai ini paling sedikit titik apinya bahkan sempay nihil titik api, semoga kerjasama kita semua kabut asap di Dumai bisa menghilang,” pungkasnya. (Ifw/tpc)