Sisi Dampak Negatif Terkait Infrastruktur

by -112 views
Ilustrasi foto

Infowarta.com, DUMAI – Dumai bakal berkembang pesat. Pasalnya tidak hanya infrastruktur darat yakni tol Dumai-Pekanbaru bakal beroperasi dalam waktu dekat. Jalur infrastruktur laut juga segara dilakukan uji coba yakni Roro Dumai-Malaka.

Walikota Dumai Zulkifli As mengatakan dengan adanya dua jalur tersebut bakal membuat Dumai berkembang pesat, namun perkembangan tersebut tentunya harus di sikapi agar Dumai tetap memiliki jati diri sebagai daerah tanah Melayu.

“Kita memang sangat menantikan hal tersebut, namun jangan di sepelekan perkembangan yang ada nantinya juga akan membawa dampak negatif jika tidak ada benteng untuk generasi muda,” ujar orang nomor satu di Kota Dumai itu.

Ia mengatakan perkembangan yang pesat tentunya harus di sikapi dengan baik. Terutama paling penting akhlak dan sumberdaya manusia yang memiliki moral sangat penting untuk di perkuat. “Tidak dapat di pungkiri, perkembangan infrastruktur tidak hanya membawa dampak positif, namun juga negatif,” ujarnya.

Ia mengatakan terkait dengan Roro Dumai-Malaka di targetkan pada 19 November 2019 ini akan dilakukan uji coba, sementara Tol Dumai-Pekanbaru targetnya bakal dioperasikan pada awal 2020. “Saya juga tidak ingin, anak-anak Dumai kedepannya hanya jadi penonton dan rusak akibat pembangunan yang ada,” sebutnya.

Ketua KNPI Kota Dumai, Guspian juga memperhatikan perkembangan tersebut. Pihaknya sebagai organisasi pemuda pihak akan berupaya keras untuk membentengi generasi muda dari perkembangan negatif dari dampak pembangunan.

“Kita akan lakukan pembinaan-pembinaan moral, apalagi saat ini KNPI di Dumai sudah berkembang sampai ketingkat kecamatan, kita punya kekuatan sendiri untuk melakukan pembinaan sampai ke pelosok-pelosok kota,” tutupnya.(ifw/rpg)